Sabtu, 23 Agustus 2008

Potensi Wisata Budaya

Potensi Wisata Budaya
Potensi Wisata Budaya adalah sesuatu bentuk atau jenis potensi wisata dengan berbagai atraksi kesenian rakyat/tradisional adat budaya yang berkembang di masyarakat Kabupaten Blora yang mampu berkiprah sebagai pendukung daya tarik Kepariwisataan Daerah di Tingkat Nasional maupun Mancanegara. Adapun Wisata Budaya yang dimiliki masyarakat Kabupaten Blora diantaranya adalah : Kesenian Tayub, Wayang Krucil, Wayang Tengul, Kentrung, Barongan, Khotekan Lesung, dan masih banyak yang lain.
Berdasarkan data yang dapat dikumpulkan, potensi wisata budaya daerah sudah berkembang sebelum zaman penjajahan Belanda, tepatnya pada zaman masih berdirinya Kadipaten Jipang Panolan diwilayah Blora bagian Timur. Potensi Wisata Budaya ini mengalami perkembangan dengan baik sekitar tahun 1940 s/d 1955. Potensi budaya ini dapat mengekspresikan : Nilai Budaya, Babat Sejarah, Cerita Rakyat, Sarana Dakwah Agama, Media Pendidikan dan Penerangan, Pembangkit rasa perjuangan, serta sebagai Hiburan Pelepas Nadzar ( Khaulan ), Khitanan, Perkawinan dsb.
Dengan semakin berkembangnya kepariwisataan di Kabupaten Blora, Potensi Wisata Budaya Blora semakin banyak diminati wisatawan Nusantara maupun Mancanegara bail lewat Event Khusus maupun Paket Daerah.

Tidak ada komentar: